Friday 5 May 2017

pengantar algoritma - ngobrol sama uwang

   algoritma adalah langkah langkah yang tersusun untuk memecahkan masalah. sebelum temen temen membuat program sebaiknya temen temen bisa berhayal menggunalan pulpen dan kertas. kenapa? algoritma bisa dibilang susunan acara pada acara besar. tentu jika temen temen mau membuat acara besar pasti tidak bisa dadakan . temen temen harus menyusun acara. begitu juga temen temen yang mau menjadi programmer harus membuat terlebih dahulu algoritmanya agar temen temen tidak bingung disaat membuat program.
    algoritma juga bisa dibilang bermain logika temen temen harus menggunakan logika/menghayal. jadi kita sebagai programmer harus mempunyai imajinasi yang tinggi. contohnya temen temen mau membuat game perang. sudah pasti temen temen butuh senjata, karakter, dan juga misi supaya lebih menarik.
    nah apa sih yang harus di perhatikan saat belajar algoritma. tp sebelumnya kita buat algoritma untuk program. aku saya mau ngasih gambaran sedikit tentang algoritma. contoh soal : tuliskan langkah langkah membuat mie :
1. ambil panci dan isi air ke dalam panci.
2. taruh panci di atas kompor.
3. nyalakan kompor.
4. setelah kompor dinyalakan . tumpangkan panci di atas kompor.
5. tunggu sampai air mendidih.
6. setelah air mendidih , ambil mie instan dan buka kemasan mie, kemudian masukkan mie ke dalam air mendidih.
7. tutup panci saat merebus mie, supaya cepat masak.
8. setelah masak, buang air dan tiriskan mie.
9. ambil piring kemudian tuangkan mie kedalam piring dan di beri bumbu yang ada di dalam kemasan.
10. aduk bumbu hingga merata.
11. rapihkan kembali alat alat yang sudah di pakai.
12. matikan kompor.

apa hubungan mie dengan algoritma? coba temen temen baca pada bagian atas. Algoritma adalah langkah langkah yang tersusun untuk memecahkan masalah. itu berarti masalahnya adalah membuat mie dan temen temen harus menuliskan langkah langkahnya. nah langkah langkah ini lah yang di sebut algoritma.
     menulis algoritma hanya menulis bagian bagian yang ingin di eksekusi saja tidak seperti temen temen mau membuat program. pada pembahasan lain akan coba saya jabarkan membuat program bahasa pascal.
contoh soal algoritma : buat algoritma untuk mencetak angka di bahah 10.
a : integer
read (a)
 if a < 10
  then
   write "a"

nah dalam penulisan algoritma hanya seperti ini inti dari membuat program. terimakasih telah berkunjung .

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html